Selasa, 03 Januari 2017

Langsing Dengan Makan Menggunakan Sumpit

Langsing Dengan Makan Menggunakan Sumpit,- Bila anda beranggapan makan menggunakan sumpit hanya budaya orang Asia dan tak berpengaruh pada kesehatan, sebaiknya anda berkipir ulang. Dalam Sebuah studi mengungkapkan makan dengan menggunakan sumpit membantu anda menurunkan berat badan. Berikut info selengkapnya.

langsing dengan makan menggunakan sumpit

Langsing Dengan Makan Menggunakan Sumpit | Dalam sebuah studi diketahui, makan dengan sumpit tah hanya membantu anda menurunkan barat badan, tapi juga mengontrol kelebihan gula dalam darah atau biasa disebut indeks glikemik.

Seperti dimuat laman Telegraph, penulit buku masakan, Xanthe Clay mencoba sendiri teori ini. Dia kehilangan berat badan setelah membiasakann makan menggunakan sumpit.

Menurut Dr David Haslam dari National Obesity Forum, masalah obesitas memang kian menjamur. Di Amerika, ada sekitar 10 juta orang yang didiagnosis obesitas atau sekitar 24 persen dari populasi penduduk.  Tidak heran, kunjungan rumah sakit karena penyakit kanker dan jantung begitu tinggi. Dan saat ini pemerintah setempat mencoba berkiblat ke Timur untuk mencoba menggunakan alat makan sumpit agar orang lebih ramping.
Dalam buku The Chopsticks Diet oleh Kimiko Barber, Haslam mengatakan kalau makan dengan sumpit akan membuat Anda makan dengan perlahan sehingga Anda bisa cepat kenyang dengan makan sedikit.
"Butuh waktu kira-kira 20 menit bagi otak untuk mendaftar makanan apa saja yang masuk ke perut. Jadi ketika Anda menggunakan sumpit, Anda akan mengambil suap lebih sedikit, kemudian mengunyahnya dengan baik, memperlambat proses makan dan tidak mengambil terlalu banyak makanan," ujar Haslam.
 Dalam studi lainnya, makan dengan sumpit juga ternyata mampu membantu pasien diabetes.
 "Kami melihat ada perbedaan dalam gula darah (indeks glikemik) pasien yang makan dengan sumpit, sendok dan jari. Makan dengan sumpit mampu mengubah tingkat gula darah," kata peneliti.
Begitupun dengan makan menggunakan jari, tidak dianggap berbeda secara signifikan dengan menggunakan sumpit atau sendok.
"Menggunakan sumpit berarti lebih banyak suap, mengunyah perlahan, total waktu mengunyah dan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk makan juga bisa menjelaskan mengapa indeks glikemik makanan dapat bervariasi," tambah peneliti, seperti dilkutip Thinking Nutrition.
Mungkin beralih makan menggunakan sumpit bisa menjadi salah satu gaya hidup yang paling sederhana untuk lebih sehat dengan berat badan ideal dan menurunkan risiko penyakit metabolik.

Cara lain menurunkan berat badan

 Sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk turunkan berat badan. Salah satunya sebut saja dengan santap batang pisang. Jumlah konsumsi yang disarankan adalah 25 gram sehari. Jika ingin lebih drastis, 40 gram sehari. Serat dalam batang pisang bisa perlambat pelepasan gula dan lemak yang tersimpan dalam sel tubuh.

Cara selanjutnya adalah dengan berendam air panas. Ilmuwan di Loughborough University mengatakan, berendam air panas pada dasarnya lebih efektif bakar kalori dan turunkan gula darah ketimbang jalan cepat.

Sedangkan yang terakhir adalah dengan menangis. Pakar stress Dr. Pete Sulack bilang, menangis bisa bantu tubuh melepas hormon kortisol. Hormon kortisol sendiri adalah hormon stres yang bisa bikin diri panik sekaligus menahan kelebihan lemak di wilayah perut. Intinya, dengan berkurangnya kortisol, maka bobot tubuh otomatis bakal berkurang.

Demikian artikel yang kami buat mengenai Langsing Dengan Makan Menggunakan Sumpit. Semoga bermanfaat.

Langsing Dengan Makan Menggunakan Sumpit

0 komentar:

Posting Komentar